“Dorayaki” Dari Menara Kudus

0
116

KUDUS, RAKYATMURIA.COM-Jika anda berkunjung ke kawasan Menara Kudus cobalah mencicipi makanan unik yang satu ini, Martabak Telur Puyuh. Bila kita sering menemui martabak menggunakan telur ayam atau bebek, Martabak yang satu ini unik, yaitu menggunakan telur puyuh sebagai bahan dasarnya.

Biasanya telur puyuh dimakan langsung, atau dibuat sate telur, bagaimana rasanya bila dibuat martabak. Telur puyuh yang berukuran kecil “diceplok” diatas cetakan mirip cetakan serabi, yang sudah dilumuri oleh minyak goreng. Sedangkan untuk campuran ada Terigu dan Daun Bawang. Terlihat penjual membolak balikkan martabak, agar matang sempurna.

Baca Juga :   Segarnya Sirup Buah Carica Olahan Khas Pegunungan Dieng

Sekilas bentuknya hampir mirip dengan kue asal Jepang bernama “Dorayaki”, tetapi Martabak Telur Puyuh memiliki cita Rasa asin dan gurih, yang biasanya dimakan dengan Saus, berbeda dengan dorayaki yang bercita rasa manis. Harganya pun cukup terjangkau yakni cuma seribu rupian untuk satuannya.

Kini makanan tersebut identik dengan menara kudus, karena sejak dulu lokasi berjualan selalu di depan Masjid Menara Kudus. “Saya kalau ke kudus selalu mampir sini untuk mencicipi makanan ini, yang cuma ada di kudus, teman teman saya di Jepara juga banyak yang tahu dan menyukainya” kata Khoiriyatul Nikmah (23), salah satu pembeli asal Jepara.

Baca Juga :   Maknyoss, Iwak Manuk Bu Mun Undaan yang Menggugah Selera

“Di Menara sendiri sudah ada penjual martabak Telur Puyuh yang hampir sepuluh tahun berjualan” ungkap Muawanah (45), salah satu penjual Martabak Telur Puyuh.

Muawanah mengaku berjualan setiap hari, mulai dari pukul 10 pagi hingga 9 malam. Muawanah menuturkan jajanannya bebas Pengawet. Untuk penikmat sendiri bermacam macam, mulai anak kecil hingga orang dewasa. Sampai sekarang terdapat tiga penjual Martabak Telur Puyuh yang masih aktif menjajakan dagangannya di Sekitar kawasan Menara Kudus. (f2@)

Facebook Comments