Dana Desa Direncanakan Turun Januari Ini

0
49

KUDUS, RakyatMuria.com- Sesuai pengumuman pusat rencananya bulan Januari ini dana desa dapat dicairkan. Namun Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus belum dapat memastikan pencairan dana desa. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas PMD melalui Kabid Pemdes, M Chasin Basri. ”Dimungkinkan Januari tapi juga tergantung dari kesiapan masing-masing desa,” ujarnya.

Dana desa nantinya akan turun 20% di tahap pertama ini. Menurutnya surat edaran terkait PMK 225 perubahan ke-2 PMK 50 tentang pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa dan PMK 226 tentang perubahan rincian dana desa 2018 sudah ada, namun rincian keseluruhan belum turun. ”Kita menunggu PMK 225-226, baru bisa melakukan perubahan Perbup yang ada,” terangnya.

Baca Juga :   Cuti Lebaran, Disdukcapil Kudus Tetap Membuka Pelayanan Adminduk

Menurutnya jika rincian tersebut sudah turun dan perbup sudah diteken, dana desa dapat dicairkan. Namun juga tergantung dari kesiapan desa dengan APBDesnya. Hingga saat ini belum satupun desa menyerahkan APBDes. Kemungkinan besar masih dibahas di tingkat Kecamatan. ”Kita juga menunggu APBDes dari masing-masing desa,” ujarnya.

Baca Juga :   Bupati Minta Pejabat Pegadaan Barang dan Jasa Harus Independen

Untuk dana desa sendiri tahun 2017 Kudus mendapatkan sekitar 103,7 miliar. Desa Kandangmas mendapatkan dana tertinggi yakni, 1 miliar sedangkan Desa Barongan terendah dengan 757 juta. Tahun 2018 sendiri, dana desa Kabupaten Kudus direncanakan sekitar 119 miliar sebelum perubahan. (rum)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here