Perlunya Peningkatan Kualitas Pendidik Paud Di Kudus

0
29

KUDUS, RakyatMuria.com – Setiap tahun peningkatan lembaga Paud baik KB maupun TK tumbuh pesat di Kudus. Jika dulu satu desa hanya ada TK pemerintah, kini puluhan lembaga Paud tumbuh dan berkembang.

Hal itu diungkap oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga melalui Kabid Paud dan Dikmas, Moch Soleh. ”Orang tua sekarang lebih cerdas, mereka lebih menitipkan anaknya di TPA maupun Paud ketimbang meninggalkannya di rumah,” ungkapnya beberapa waktu lalu

Baca Juga :   Inilah Tujuh Aplikasi Pendidikan Yang Dapat Ditemukan Di Smartphone

Terkait dengan kualitas pendidikan Paud, tentu yang menjadi sorotan utama ialah tenaga pendidiknya. Namun sayangnya tenaga pendidik  Paud justru kebanyakan dari SMA dan jurusan non Paud.

Menurut Moch Soleh, di Kabupaten Kudus mungkin hanya sepersekian persen tenaga pendidik yang beradal dari jurusan Paud. Untuk itu, Disdikpora Kudus melaksanakan diklat berjenjang setiap tahunnya. ”Kami terus melaksanakan diklat berjenjang. Dari tingkat dasar, lanjut, hingga mahir,” ujarnya.

Baca Juga :   Muhammad Mulya Ageng, Penderita Hydrocepalus Di Kudus yang Kurang Diperhatikan

Nantinya di setiap jenjang, tenaga pendidik yang mengikuti diklat akan mendapatkan sertifikat. Hal itu sebagai jaminan kualitas tenaga pendidik.

Disdikpora sendiri kini lebih memperketat perijinan untuk pendirian Paud. Hal tersebut guna mencegah pertumbuhan Paud tanpa dibarengi dengan kualitas yang mumpuni. (rum)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here