Tugu Identitas, Sepi Pengunjung

0
27

KUDUS, RakyatMuria.com – Tugu Identitas nampak tegak menjulang di tengah kota. Meski begitu, tugu ini kurang begitu populer di kalangan warga Kudus. Hal tersebut dapat dilihat dari sepinya pengunjung.

Arif Mahmud, salah satu pengunjung mengatakan kurang begitu mengenal tugu yang menjadi identitas kota Kudus. ”Meski saya sendiri orang Kudus, tetapi baru kali ini aku main kesini,”tutur pria yang baru saja pulang dari perantauannya.

Terletak di jalan R. Agil Kusumadya, pengunjung hanya perlu membayar loket 2000 rupiah saja. Untuk naik ke atas tugu dibutuhkan cukup tenaga. Pasalnya ada 110 anak tangga yang perlu dilalui untuk sampai puncak tugu. ”Capek, untuk bisa menuju kesana (puncak tugu), tapi tak apalah,”ujarnya ketika sampai di puncak tugu identitas.

Baca Juga :   Yakin Sudah Bisa Milih Bupati atau Gubernurmu Nanti? Cek Dulu

Terdapat 18 anak tangga untuk sampai di lantai dua. Di sana terdapat papan informasi dan peta wisata Kabupaten Kudus.  dan lorong berukuran sekitar 2,5×2,5 meter. Dari wisata Rahtawu, Makam Sunan Kudus, wisata Kajar, Desa wisata Wonosoco, Museum Kretek, Taman Krida, dan berbagai wisata menarik lainnya.

Sampai di atas, pengunjung dapat naik ke lantai atas dengan bantuan sebuah kursi panjang yang sengaja diletakkan petugas di lantai atas. Namun sayang pandangan pengunjung dibatasi, karena setengah dari balkon ditutup.

Baca Juga :   Indahnya Sunset Di Pantai Nyamplung Rembang

Dari puncak, dapat terlihat Kabupaten Kudus secara lebih luas. Hamparan rumah nampak jelas. Di selatan terlihat bangunan lahan parkir mall terbesar di Kudus.  Sedangkan di bagian utara dapat terlihat megahnya pegunungan Muria dengan tiga puncaknya yang manawan.

Namun sayangnya, sistemnya yang masih memakai cara manual untuk bisa menuju ke puncak tugu, tidak setiap warga untuk bisa melaluinya. Karena sebagian dari mereka masih ada yang membawa balita. Salah satunya ialah Siti Kartini bersama buah hatinya yang berusia 3 tahun. ”Gag jadi gag papa, soalnya saya masih membawa anak kecil,”tuturnya. (rum)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here